Beranda |  Profil |  Berita |  DPD |  Artikel |  Opini |  Liputan Media |  Gafatar TV |  Dokumentasi |  Press Release |  Kontak 
PENGURUS DPP
 
  •   
    Ketua Umum
    Mahful M Tumanurung
      
    Wakil Ketua Umum
    Wahyu Sandjaya
  •   
    Sekretaris Jenderal
    Berny Satria
      
    Bendahara Umum
    Muchtar Asni
  •   
    Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kepengurusan
    Dandy Kusuma
      
    Ketua Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
    Jusuf Damardjati
  •   
    Ketua Bidang Peranan Perempuan dan Perlindungan Anak
    Dwi Ratna K
      
    Ketua Bidang Kesehatan
    Munandar
  •   
    Ketua Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan
    Iman Sumiarsa
      
    Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Organisasi
    Swastanto
  •   
    Ketua Bidang Hukum dan HAM
    M.Tubagus Abduh
      
    Ketua Bidang Informasi, Komunikasi dan Hubungan Internasional
    M.Yusuf Daruwijaya
  •   
    Wakil Sekretaris Jenderal 1
    Kurniadhi Wibowo
      
    Wakil Sekretaris Jenderal 2
    M.Yusuf Daruwijaya
  •   
    Kepala Sekretariat Jenderal
    Zaenal Arifin
     
  •   
    Wakil Bendahara Umum 1
    M Ruchyat
      
    Wakil Bendahara Umum 2
    Herdian Widyo S
  •   
    Badan Penelitian dan Pengkajian Nusantara
    Heru Mulyantoro
      
    Badan Usaha Fajar Duta Mandiri
    Endang Supriyatna
 
AKSI GAFATAR
 


2012

2013
OPINI
 
BERITA
 
JEJARING SOSIAL
 
 
BERITA GAFATAR
 

DHD 45 Tularkan Semangat Perjuangan ke GAFATAR Jateng

Tanggal Posting 07 Juni 2012 20:32:29 ,



Semarang, Kamis (GAFATAR - D04) - Sebagai organisasi yang merupakan kumpulan dari mantan-mantan pejuang kemerdekaan, Dewan Harian Daerah Angkatan 45 (DHD 45) Jawa Tengah mengundang DPD Gafatar Jawa Tengah berkunjung ke markasnya (7/6). Mereka berkenan untuk menularkan semangat perjuangan dengan paparan cerita mereka tentang perjuangan merebut kemerdekaan. Bertempat di Gedung Juang 45 Lantai V Jalan Pemuda No. 163 Semarang,  Gafatar menghadiri undangan ini dengan 14 orang pengurusnya. Sementara dari DHD 45 diterima oleh 7 pengurus harian daerah.



Acara dibuka oleh sambutan Ketua Umum DHD 45 Jawa Tengah yang merupakan tokoh senior yaitu Drs H Soeparto. Mantan Wagub Jawa Tengah yang juga mantan Ketua DPRD Jateng tersebut memberikan wawasan landasan semangat perjuangan kemerdekaan 1945. Bapak berusia 83 tahun ini merupakan bagian dari perilaku sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Beliau menceritakan semangat berkobar dalam setiap diri anak bangsa untuk meraih dan merintis proklamasi kemerdekaan 17 Agustus 1945. Perjuangan fisik dan diplomasi terus berlanjut untuk mempertahankan kemerdekaan. Kemerdekaan telah melahirkan Republik Indonesia dengan dasar Negara Pancasila dan UUD 1945. Kehidupan kebangsaan terus bergejolak sehingga pada tahun 1950 Republik Indonesia berubah menjadi Republik Indonesia Serikat RIS. Sejarah terus berlanjut dan tidak bertahan lama RIS berubah menjadi Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan dasar Negara Pancasila dan UUD 1945. Pada masa itu terjadi banyak pemberaontakan-pemberontakan yang menguras energi untuk mempersatukan Indonesia. Atas landasan semangat dan spirit perjuangan 45 itulah organisasi DHD 45 tetap eksis untuk memperjuangkan nilai-nilai perjuangan kepada generasi berikutnya. Tantangan perjuangan pada masa lalu dan sekarang sudah berbeda, namun spirit Pancasila harus menjadi dasar untuk kehidupan kenegaraan.



Selanjutnya, Gafatar memperkenalkan diri dengan diwakili oleh Heru Mulyantoro, S.Pd.T sebagai juru bicara. Sekretaris Daerah DPD Gafatar Jawa Tengah tersebut serta memaparkan landasan moral spiritual, sejarah tradisi Tuhan serta budaya luhur Nusantara Pancasila sebagai dasar berdirinya organisasi ini. Gafatar siap belajar untuk memperoleh transmisi transformasi semangat perjuangan dari para tokoh pejuang tersebut. Gafatar membutuhkan sumber-sumber atau saksi hidup dalam rangka upaya meluruskan sejarah perjuangan bangsa untuk mengiterpretasikan nilai-nilai luhur nusantara. Gafatar selalu bersedia untuk melakukan kerjasama dalam aksi sosial maupun sarasehan nilai-nilai perjuangan.



Diakhir kunjungan dengan DHD 45 Jawa Tengah dimana secara Nasional dibawah struktural Ketua Umum DHN 45 Jenderal TNI Purn Ki Tyasno Sudarto ini, Gafatar mendapatkan sebuah buku berjudul “Pokok-Pokok Pikiran dan Rekomendasi” yang merupakan hasil Musyawarah Daerah XI/2012 DHD 45 Jawa Tengah. Rekomendasi ini bisa dijadikan Gafatar untuk melihat fenomena perubahan konstitusional yang ada di Negara Indonesia serta peluang solusi perubahan yang bisa dilakukan bersama-sama sinergis dengan organisasi lainnya.



Selain itu, Gafatar juga mendapatkan sebuah buku yang sangat penting dari salah satu penulis dan pengurus DHD 45 yaitu Bapak Amat Iskandar. Buku tersebut berjudul “Lima Dokumen Sejarah Sebagai Dasar Pemikiran dalam Meluruskan Tatanan Hidup Berbangsa dan Bernegara”. Sebuah buku referensi dari sumber pelaku sejarah yang telah menulis beberapa buku diantaranya berjudul “Panyengkuyung Ratu Adil”. Segenap pengurus Gafatar ini merasa berbahagia diberikan kesempatan bertemu dengan para mantan pemimpin bangsa yang memiliki semangat dan idealisme membangun Nusantara Jaya.





Foto Bersama Gafatar dan DHD 45



 






 
20 April 2014 02:40:19  Ratusan Kader Ramaikan Kirab Kendi Pancasila
15 April 2014 09:52:44  Sumbar Lantik Ketua Baru
13 April 2014 17:00:20  Ketua Umum GAFATAR Kunjungi GAPOKTAN KALTENG
12 April 2014 03:23:27  Panen Jagung di GAFATAR Gorontalo
12 April 2014 12:25:56  Audiensi GAFATAR Ke Kedaton Kesultanan Ternate
12 April 2014 12:25:56  Audiensi GAFATAR Ke Kedaton Kesultanan Ternate
02 April 2014 18:31:36  Meniti Fokus Organisasi