Beranda |  Profil |  Berita |  DPD |  Artikel |  Opini |  Liputan Media |  Gafatar TV |  Dokumentasi |  Press Release |  Kontak 
PENGURUS DPP
 
  •   
    Ketua Umum
    Mahful M Tumanurung
      
    Wakil Ketua Umum
    Wahyu Sandjaya
  •   
    Sekretaris Jenderal
    Berny Satria
      
    Bendahara Umum
    Muchtar Asni
  •   
    Ketua Bidang Organisasi Keanggotaan dan Kepengurusan
    Dandy Kusuma
      
    Ketua Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga
    Jusuf Damardjati
  •   
    Ketua Bidang Peranan Perempuan dan Perlindungan Anak
    Dwi Ratna K
      
    Ketua Bidang Kesehatan
    Munandar
  •   
    Ketua Bidang Ekonomi dan Kesejahteraan
    Iman Sumiarsa
      
    Ketua Bidang Pertahanan dan Keamanan Organisasi
    Swastanto
  •   
    Ketua Bidang Hukum dan HAM
    M.Tubagus Abduh
      
    Ketua Bidang Informasi, Komunikasi dan Hubungan Internasional
    M.Yusuf Daruwijaya
  •   
    Wakil Sekretaris Jenderal 1
    Kurniadhi Wibowo
      
    Wakil Sekretaris Jenderal 2
    M.Yusuf Daruwijaya
  •   
    Kepala Sekretariat Jenderal
    Zaenal Arifin
     
  •   
    Wakil Bendahara Umum 1
    M Ruchyat
      
    Wakil Bendahara Umum 2
    Herdian Widyo S
  •   
    Badan Penelitian dan Pengkajian Nusantara
    Heru Mulyantoro
      
    Badan Usaha Fajar Duta Mandiri
    Endang Supriyatna
 
AKSI GAFATAR
 


2012

2013
OPINI
 
BERITA
 
JEJARING SOSIAL
 
 
BERITA GAFATAR
 

Deklarasi GAFATAR Jawa Timur

Tanggal Posting 23 April 2012 05:54:26 ,



Surabaya, Sabtu (GAFATAR-D06) - Gerakan Fajar Nusantara DPD Jawa Timur menyelenggarakan acara Deklarasi Daerah pada hari Sabtu kemarin tanggal 21 April 2012 bertempat di Hotel Satelit Surabaya. Acara deklarasi yang dihadiri 930 peserta dan tamu undangan ini berjalan dengan tertib.



"Tujuan acara ini adalah sebagai aktualisasi semangat arek – arek Jawa Timur dalam mengekpresikan idealis kebangsaan dari realitas kehidupan berbangsa yang terjadi saat ini. Implementasinya adalah dalam kearifan budaya lokal yang “adi luhung”, sebagai warisan asli bangsa nusantara. Untuk mengaktualisasikan hal diatas bukanlah hal mudah, butuh pengorbanan harta, waktu dan tenaga dengan dilandasi pada pengabdian pada Tuhan Yang maha Esa. Atas dasar itulah Organisasi Gafatar berusaha memposisikan diri bersama seluruh elemen bangsa untuk memberikan kontribusi bagi upaya terwujudnya kejayaan nusantara yang damai sejahtera" ujar Lutvi Candra didalam sambutannyasebagai Ketua Panitia Deklarasi.



Sebagai pembicara tamu dalam acara deklarasi tersebut hadir Romo Koesoemo Hartami dan Bapak Djhati Kusumo. Beliau berdua menyampaikan bahwa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia dalam arti sebenarnya, pembangunan yang sesungguhnya adalah untuk rakyat. Mereka juga berharap besar pada Gafatar untuk bisa menjadi GARDA terdepan dalam pembangunan dan kejayaan Indonesia pada khususnya dan dunia pada umumnya. Kebuadayaan yang ada di indonesia sangat beragam itu adalah kekuatan yang harus dimanfaatkan semakin kita bersatu semakin kita kuat, jangan pandang perbedaan itu sebagai pemisah.



Selanjutnya hadir pula budayawan Bapak Andreas yang menyumbangkan Puisi yang bercerita tentang kondisi Indonesia saat ini.Disusul dengan penampilan dari Pencak Silat Campa Suci oleh Gafatar Jatim beserta anak-anak  DPD Gafatar Jawa Timur, yang merupakan salah satu bagian warisan asli masyarakat di  Nusantara. Pertunjukan seni lainnya juga ditampilkan seperti Paduan Suara, Puisi, dan Thaiboxing.



"Kami hadir untuk mensosialisasikan kembali empat pilar kebangsaan yang fundamental yaitu ; Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.  Gafatar bersifat inklusif, tidak berangkat dan berpihak kepada salah satu suku, ras, sekte agama, maupun ideologi lain. Gafatar berasaskan Pancasila dan bersifat universal dibawah bimbingan Tuhan Yang Maha Esa. Aksi-aksi nyata yang telah dilakukan oleh DPD Gafatar Jawa Timur salah satunya donor darah, penanaman 2000 pohon Bakau di Mangrove, dan terbentuknya tim relawan yang sampai saat ini sudah terdaftar 125 orang. Mereka akan bertindak dalam membantu penanggulangan bencana dan berkordinasi dengan instansi-instasi terkait" ujar Supardan dalam pidatonya sebagai Ketua DPD Gafatar Jawa Timur.



Ketua Umum Gerakan Fajar Nusantara, Mahful M Tumanurung MA berharap acara deklarasi ini menjadi momentum bagi pengurus maupun anggota di Jawa Timur untuk merapatkan solidaritas. Seluruh kader DPD Gafatar Jawa Timur agar dapat berpikir cerdas dan santun dalam menyikapi fenomena politik saat ini, sebab Gafatar didirikan bukan atas dasar dan kepentingan kelompok, partai, ataupun golongan tertentu.



Beliau juga mengkupas eksistensi dan esensi dari Pancasila sebagai jati diri bangsa sehinggan membuat para peserta mendengar dengan semangat mendengarkan pidato yang disampaikan.  "Mari bersama kita bantu pemerintah Provinsi Jawa Timur mewujudkan Jawa Timur yang Makmur dan Berahklaq denga filosofi Noto Roso, Among Roso, Mijil tresno, Agawe karyo " tambahnya di akhir pidato.



Memasuki acara inti, dua puluh empat deklarator memasuki panggung untuk bersiap-siap melakukan deklarasi. Secara simbolisasi Ketua Umum melakukan serah terima petaka kepada Ketua DPD Gafatar Jawa Timur. Acara ditutup dengan membunyikan kentongan dan menyanyikan Mars Gafatar.